Wednesday, February 10, 2010

Memilih Template Blog Untuk Mempercantik Tampilan Blogspot

Bagi rekan-rekan yang sudah melakukan beberapa setting-an seperti posting terdahulu, langkah selanjutnya yang perlu sobat lakukan adalah memilih template.  
Sekilas tentang template  

Template adalah pola atau mal. Kalau anda suka menjahit, namun bukan berarti anda penjahat :) , cuma penjahit saja. :P maka anda pasti tahu ada yang namanya mal. ( Saya yang nggak bisa jahit aja tahu. )  Jadi dengan mal itu kita bisa membuat jahitan dengan lebih cepat bukan? Kalau ingin sukses, kita juga sangat dianjurkan untuk memodel orang yang sudah sukses duluan ya kan? Sama dengan di bisnis online, agar segera punya website, bisa dengan cara mengedit dan menggunakan template saja.


Template adalah pola dari sebuah website yang sudah didesain dan disiapkan jadi, tinggal pakai, tinggal edit sedikit lalu upload maka website sudah jadi dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

Bila anda sudah online sejenak, anda akan tahu betapa pentingnya punya website kan?
Apalagi punya domain sendiri, penting banget. Paling tidak anda bisa membeli nama domain sesuai nama anda sendiri. Walaupun belum ada rencana online. Itu namanya reserved, atau cup tempat! :)
Supaya nama domain dari nama anda tadi nggak diambil orang.
Hal ini terjadi terhadap diri saya. Nama saya Kusuma Putra, dan nama domain kusumaputra.com sudah direserved oleh orang lain selama 10 tahun sampai 2011. :)
Bayangkan, betapa lama saya harus menunggunya, apalagi belum tentu akan dilepas. Bisa saja diperpanjang kembali oleh empunya.
Contoh yah bagus bukan?
Biasanya orang membeli nama domain sendiri sesuai nama trus dipakai untuk blog. Menurut saya itu pilihan ideal. Dan seharusnya memang setiap orang paling tidak punya blog sendiri sesuai namanya.
Ini kalau anda tidak mau ketinggalan jaman dibandingkan orang-orang lainnya yang sudah duluan ngeblog.
Apalagi mengingat, blog juga bisa dijadikan sarana mendatangkan penghasilan yang keren banget.
Nah bagaimana dengan template? dengan template anda bisa memiliki website instant. Anda hanya perlu sedikit bisa menggunakan Frontpage untuk mengedit template, maka anda sudah bisa segera punya website yang bagus.
Dan ada banyak sekali buku yang mengajarkan cara buat web dengan Frontpage. Dan jika anda bisa menggunakan Microsoft Words, besar kemungkinannya anda akan mudah menggunakan Frontpage.
Sekarang langsung aja ke topik utama, yaitu langkah-langkah pemilihan template di blogger.com :

  • Silahkan sobat login terlebih dahulu seperti biasa dengan memakai user name milik anda ( jangan milik saya….emang nya sampeyan mau jadi hacker ya
  • Klik "Tata Letak" (bila sobat menggunakan blogger baru) atau klik "Template" (bila sobat menggunakan template classic).


  • Klik "Pick New Template", silahkan sobat pilih template yang sobat suka. Sebelum memutuskan dalam memilih "template" ini, sebaiknya anda lihat terlebih dahulu satu persatu contoh layout yang di sediakan dengan cara meng klik tulisan "preview template". Jika di rasa sudah menemukan yang paling sobat sukai, silahkan klik tulisan "Save template" yang ada di sebelah kanan atas, selesai. :

Mungkin sobat pernah mengunjungi beberapa blog di internet yang menggunakan blogger.com (blogspot), akan tetapi template yang di gunakan tidak ada dalam pilihan ketika memilih template. Ini ada kemungkinan bahwa template yang di gunakan adalah template buatan bukan dari blogger sendiri. Di internet banyak sekali situs-situs yang memberikan template secara gratis untuk di pakai di Blogger (blogspot), Jika ingin melihat-lihat berbagai template buatan bukan dari blogger.com silakan cari di google.com

2 comments:

  1. thaks ya bro info x...

    http://brankas-tutorial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. thanks atas infonya,,, izin nyoba gannn,, and 1 lagi jgn lupa berkunjung balik Download Film Gratis | Boxsoffice

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...