Saturday, December 04, 2010

10 Plugin WP Terbaik untuk SEO


SSalah satu alasan kenapa saya pake wordpress untuk bikin weblog ini adalah banyaknya plugin gratis yang disediakan (ketauan deh kalau suka yang gretongan :lol: ). Dari sekian banyak plugin yang disediakan oleh wordpress, saya coba simpulkan 10 buah plugin yang paling banyak digunakan oleh wordpresser pada artikel ini. Tapi, plugin itu apa sih? kalau menurut om wike (wikipedia -red) plugin adalah suatu program komputer yang dapat memberikan fungsi-fungsi tambahan pada program utama (yang dimaksud dengan program utama ini adalah web/blog yang kita miliki). Dengan adanya plugin, web kita dapat keliatan lebih atraktif, cantik, dan lain daripada yang lain.
Plugin ini banyak sekali jenis dan manfaatnya, kalau pengen tau apa aja, sok atuh berkunjung dimari. Waktu tulisan ini dibuat, total ada 10.800-an plugins yg tersedia :roll: dan akan terus bertambah pastinya. Langsung aja klo gt, here are the nominees :

1. Akismet

*(Cara Install+Setting)
*

Plugin in wajiib ada kalau kita menggunakan wordpress. Plugin udah secara default terdapat pada instalasi wordpress dan tinggal mengaktifkannya. Fungsinya untuk melakukan spam filtering/mem-block komentar2 spam di website kita. Oleh karena itulah plugin ini banyak digunakan oleh para owner web di seantero jagat raya. Yang belum punya akismet dan pengen punya, silakan sedot dimari gan :twisted:.

2. All in One SEO

*(Cara Install+Setting)*

Plugin yang wajib dimiliki oleh website wordpress. Plugin ini digunakan untuk mengoptimasi blog kita terhadap search engine sehingga kita bisa mendapatkan trafik yang lebih banyak. Plugin ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menentukan blog title tag, keyword (kata kunci), metatag dll agar dapat lebih mudah dikenali oleh search engine. Buat yang belom punya, sedot yuk gan dimari
3. Google XML Sitemap

*(Cara Install+Setting)*

Berikutnya, ane punya plugin yang dapat men-generate site map kita dalam bentuk file xml. Sesuai dengan namanya (sitemap), plugin ini bertugas untuk membuat denah/struktur web yang kita punya. Dengan adanya sitemap ini, diharapkan search engine seperti mbah google, tante bing sama om yahoo dapat lebih mudah mengenali website kita. Yuk kesini buat nyedot.

4. WP-DB-Backup

Ane pake ini juga gan, secara plugin ini dapat membuat backup database web kita. Kita tau sendiri kan posts adalah nyawa web. klo sampe ilang, mending mati aja deh webnya (sadis amat). Untung ada plugin ini, dengan beberapa kali klik, kita udh punya backup-an database web. Yuk mari kesini buat nyedot lagi
5. WP-Super-Cache

Ini yang paling didemenin, banyak banget nyang pake. Ini plugin gunanya buat menciptakan static html dari dynamic html weblog kita. Dengan adanya static html ini, waktu load website akan lebih cepat sehingga para pengunjung blog lebih enjoy menikmati website agan. Sedot lagi mang dimari.

6. WordPress Related Post

Untuk menampilkan artikel yang berhubungan. Dengan adanya plugin ini, artikel yang mirip2 dengan yang dibaca oleh pengunjung, akan ditampilkan sebagai list. Sehingga pengunjung web tertarik buat baca artikel lain di web kita. Makin banyak artikel yang dibaca, makin banyak juga kan jumlah view-nya ;-). Sini gan kalau mau.
7. WordPress Stat

Plugin ini juga maknyus menurut ane. Dengan adanya plugin ini, kita bisa memantau statistik weblog kita. Misalnya berapa jumlah pengunjung hari ini, artikel yang paling banyak dibaca, berapa jumlah klik di website kita, dll. Intinya buat agan yang suka mantau2 web, wajib buat install plugin yang satu ini. Sedot yuk dimari.

8. Broken Link Checker

Ada kalanya link yang kita post di weblog kita udah ga berfungsi lagi. Nah plugin ini berfungsi buat ngecek link-link yang rusak tersebut. Kalau rusak, kita bisa langsung tau, langsung ganti, langsung jalan lagi web-nya. Kalau mau nyedot kesini gan, ane pake juga loh he3.
9. SEO Smart Link

Kadang-kadang kita suka menghubungkan satu artikel dengan artikel yang lain di web kita. Kebiasaan ini sangat baik karena bisa membangun page rank pastinya dan pengunjung juga dapat dengan mudah menelusuri artikel lain yang mirip dengan artikel yang mereka baca saat ini. Kudu di install nih. Hayuk kesini kalau mau install.
10. WP-PageNavi


Yang terakhir ini. Plugin ini memberikan tampilan baru baru web kita. Kalau biasanya untuk berpindah halaman kita menggunakan navigasi ‘Newer Posts’ dan ‘Older Posts’, dengan adanya plugin ini, pengunjung dapat pergi ke halaman manapun yang dia sukai. Ga rugi buat diinstall. Sedot terakhir disini aja.
Akhirnya kelar juga nulis 10 plugin yang paling banyak dipakai di dunia per-wordpress-an. Pemilihan kesepuluh plugin itu juga berdasarkan pengalaman, beda orang beda versi juga, tapi paling engga, plugin2 diatas banyak sekali di-download oleh para pengguna wordpress. Jadi tentukan sekarang pilihanmu (kaya take me out aja).

1 comment:

  1. Kalau untuk blogger ada gak mas???
    http://www.seo2day.co.cc/
    blogger, blogger tips, seo, seo chacker, keywords,meta tag, blogger seo, panduan seo blogger, seo tips, tips seo, seo tutorial
    Panduan seo bagi para blogger yang sedang mencari tutorial seo

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...