Sunday, June 29, 2014

Agar Anak Tumbuh Optimal Orang Tua Harus Teliti Baca Label Produk Pangan

Jakarta, Selain karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin serta mineral berperan penting untuk pertumbuhan seorang anak. Namun, jangan sampai kebutuhan anak akan vitamin & mineral justru berlebihan terutama bagi mereka yang sering mengonsumsi sereal.

Pasalnya, laporan terbaru yang diterbitkan Enviromental Working Group mengungkapkan anak-anak bisa terlalu banyak mengonsumsi vitamin A, zinc, atau niacin dari beberapa sereal. Padahal rekomendasi The Institute of Medicine merekomendasikan anak usia 4-8 tahun mengonsumsi kurang dari 0,9 meli gram vitamin A, 12 mg niacin dan 15 mg zinc setiap hari.

Agar Anak Tumbuh Optimal Orang Tua Harus Teliti Baca Label Produk Pangan
Dalam laporan Environmental Working Group, dari 1.500 sereal, terdapat 114 merek sereal yang mengandung vitamin A, zat besi, dan niacin berlebih. Apalagi, EWG melaporkan kebanyakan anak makan lebih dari satu porsi sereal. Jika kebiasaan itu terus dilakukan, bisa jadi asupan vitamin dan mineral anak berlebih. Padahal, mereka sudah mendapat sumber mineral dan vitamin dari makanan lain.

"Oleh karena itu penting bagi konsumen untuk membaca secara teliti kandungan dalam setiap produk yang tertera di label produk. Apalagi FDA sudah memiliki kebijakan untuk memastikan fortifikasi makanan harus dipraktikkan dengan aman dan tepat," jelas Brian Kennedy, direktur komunikasi The Institute of Medicine.

Meskipun, ditekankan Olga Naidenko, penulis laporan tersebut, beberapa produk sereal bisa saja menarik bagi anak-anak dengan penggunaan gambar kartun. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan kandungan dalam sereal dan juga multivitamin yang dikonsumsi si kecil, demikian dikutip dari CNN, Minggu (29/6/2014).

"Kelebihan dosis vitamin atau mineral biasa terjadi ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak suplemen daripada makanan tertentu. Dalam jangka pendek, kelebihan vitamin dan mineral bisa menyebabkan gejala gastrointestinal," kata dokter anak di Children's Medical Group, Atlanta, dr Jennifer Shu.

Kelebihan vitamin A bisa menyebabkan kerusakan tulang dan hati. Sedangkan kelebihan zinc menimbukan gangguan kekebalan tubuh. Konsumsi niacin berlebih pun bisa menjadi racun bagi hati. Oleh karena itu, dr Shu menyarankan orang tua lebih selektif lagi dalam memberikan asupan untuk putra-putrinya.

"Jika ragu dengan jumlah asupan yang diberikan, baca dengan teliti kandungan setiap produk makanan dan minuman, bukan hanya sereal saja. Tetapi, akan lebih baik jika memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di kecil dari buah dan sayur," kata dr Shu.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...