Ketika pertama kali mengakses forum internet terbesar di Indonesia, http://kaskus.us , kesan pertama muncul ketika memposting tulisan. Sebagai seorang blogger sejati, tentu saya tidak terlalu asing dengan kolom postingan seperti itu (namanya apa sih? Maklum, saya bukan kaskuser :) ) karena memang sering sekali berkomentar di blog punya sahabat sesama blogger. Tapi, kemudian saya terkagum-kagum setelah posting tulisan, yaitu tulisan terupload tanpa harus mereload ulang seluruh halaman website tersebut. Terbayang kalau posting komentar di blog pun seperti itu, tentu akan menghemat waktu karena tidak perlu merefresh halaman blog, cukup merefresh komentar itu saja. Dan ini pun akan menghemat jatah bandwidth yang disediakan oleh penyedia hosting.
Bukan Wordpress namanya kalau tidak user friendly. Amat beruntung para blogger yang sudah memakai hosting dan domain sendiri dan memakai script gratis dari Wordpress ini karena tersedianya berbagai theme cantik serta plugin yang keren baik dari Wordpress itu sendiri maupun dari pihak ketiga (bahasa Sundanya : Third Party).

Lalu mulailah perburuan saya untuk mencari plugin yang saya inginkan, sampai akhirnya saya terdampar di sebuah blog barchetoputra.co.cc . Cara posting komentar di blog tersebut sama persis seperti apa yang saya inginkan. Akhirnya, dengan sedikit malu-malu (tapi mau), saya pun bertanya kepada pemilik blog (kepada sang admin, thank’s ya…) ternyata dia menggunakan Ajax Comments Reply. Plugin ini berguna agar kolom komentar di blog seperti thread di forum. Dan hebatnya lagi, kita tidak perlu merefresh ulang halaman blog untuk berkomentar. Tapiiii??? Ada satu hal yang aneh dengan plugin ini, karena bentuk kolom komentar menjadi berubah total sehingga kadang kala tidak cocok dengan theme yang dipakai. Di satu sisi kualitas kolom komentar meningkat, namun di sisi lain tampilannya menjadi buruk. Apalagi plugin ini tidak menyertakan pengaturan di dashboard, sehingga bagi saya yang belum ngerti ngutak ngatik “jeroan” script php akhirnya menghapus plugin ini.
Setelah mengubrak abrik kembali dunia maya, akhirnya saya menemukan penyelesaiannya. Plugin yang paling bagus (menurut saya) adalah Wp- thread comment. Plugin ini oke banget untuk mendesain kolom komentar , apalagi bagi blogger pemula seperti saya ini. Apa sih kelebihannya?

  • Memungkinkan untuk komentar beruntun. Jadi, kita bisa saling membalas komentar dengan komentator lain layaknya sebuah forum. Caranya mudah, cukup mengklik tulisan “reply” maka secara otomatis komentar kita akan berada tepat dibawah komentar yang kita balas. (Script wordpress terbaru sudah menyediakan fasilitas ini).
  • Mengirimkan pesan kepada email komentator secara otomatis jika ada yang membalas komentarnya. Ini berhubungan dengan kelebihan poin pertama. Dengan fasilitas ini, maka komentator tidak perlu bolak-balik ke halaman yang sama untuk mengecek apakah komentarnya mendapat jawaban atau tidak. Cukup melihat apakah ada email yang masuk atau belum.
  • Ketika memposting komentar, kita tidak perlu merefresh ulang halaman blog karena plugin ini sudah memiliki fasilitas ajax (untuk mengaktifkannya, silahkan masuk ke dashboard dan masuk ke setting – wp thread comment)
  • Berhubungan dengan poin 3, maka plugin ini akan menghemat bandwidth hosting yang kita pakai karena kita tidak perlu merefresh ulang halaman blog. Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan penyedia hosting membatasi arus data yang “mondar mandir “ di server mereka yang disebut bandwidth.

Yap, mungkin kawan-kawan tahu kelebihan lainnya? Oya, tips diatas ini hanya untuk pengguna Wordpress self hosting (Wordpress.org). Jadi, saya tidak tahu apakah penyedia blog gratisan seperti Wordpress.com atau Blogger.com menyediakan layanan seperti ini. [via]