Sunday, December 19, 2010

Error 404 bisa di Redirect ke blog


page not foundRedirect 404 halaman tidak ditemukan ke beranda blog. Saat browsing ke blog tertentu ada kalanya kita menemui halaman yang tidak ditemukan atau “ 404 not found “, hal ini bisa terjadi karena kesalahan membuat link diblog yang memang tidak ada. Bisa juga terjadi karena blog kita sudah di migrasi dari blogger / blogspot ke wordpress kemungkinan banyak menjumpai url 404 apalagi kalau blog yang lama sudah banyak diindex oleh search engine.Walaupun permalink sudah disesuaikan dan digunakan plugin redirect permalink ketika proses perpindahan dari blogger ke wordpress kadang masih menyisakan halaman “not found”.


Untungnya masih banyak jalan menuju roma, jadi masih bisa disiasati dan blog anda tidak kehilangan pengunjung hanya karena halaman yang dicari tidak ditemukan. Sebenarnya bisa juga digunakan plugin redirection, tapi jika mau sedikit repot bisa dengan mengedit file 404.php yang ada didalam template blog. Untuk merubah 404.php ikuti langkah ini:
  1. Didalam dasboard wordpress masuk ke menu “Appearance“, lalu pilih editor.
  2. Klik file “404.php“, silahkan backup dulu file ini untuk jaga-jaga.
  3. Hapus semua isi file 404.php lalu masukkan kode berikut ini: ingat tanpa tanda kurip yah.. nyarinya
    <?php

    header(“status: 301 moved permanently”);
    header(“location: http://jarlok.com”);
    ?>
  4. Klik tombol Update file.

Sekarang coba akses url yang sebelumnya “not found”, bisa juga dengan alamat acak misal seperti ini: “ http://i-raka.net/abcdefghij ” dan lihat halaman langsung diredirect ke homepage blog. Anda juga bisa meredirect halaman not found ke daftar isi blog, semoga bermanfaat Gan...

1 comment:

  1. kALAU UNTUK BLOGSPOT GMN YAAAA ?

    http://gebyarmanusialangka.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...