Thursday, January 20, 2011

Cara Membuat Link Di Postingan


Apa itu link atau hyperlink atau tautan? bagaimana cara membuat link di postingan wordpress? silahkan baca ulasan lengkapnya pada  tutorial wordpress kali ini.
Link atau hyperlink atau dalam bahasa Indonesia tautan adalah suatu tulisan atau gambar yang disambungkan atau di hubungkan dengan halaman lain, baik itu masih dalam satu website/blog atau dengan website / blog yang lain.
Keberadaan link sangatlah penting peranannya untuk sebuah blog atau website, tidak hanya sebatas menghubungkan antar halaman atau website, namun erat kaitannya dengan SEO ( pengoptimalan untuk search engine ), oleh karenanya mengetahui secara benar bagaimana membuat link yang baik dan benar sangatlah penting.
Namun, agar sedikit fokus dalam pembahasan tutorial kali ini adalah spesifik tentang cara membuat link di postingan, untuk hal yang lebih detail mengenai link kemungkinan besar akan dibahas lain waktu pada topik yang lebih tepat.

Membuat link pada postingan wordpress

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan alamat URL halaman website/blog yang akan di link, baik itu halaman depan atau halaman posting.
Duh, saya masih bingung bagaimana mengetahui alamat URL? caranya mudah, apabila anda sedang mengunjungi suatu blog atau membaca artikel website orang lain atau artikel blog anda sendiri, alihkan perhatian ke bagian address bar browser internet anda yang terletak dibagian atas, maka itulah alamat URL nya. Contoh alamat salah satu postingan dari blog ini : http://idtutorial.com/tutorial-wordpress/cara-membuat-sticky-post/
alamat URL posting
Tentunya sekarang anda sudah menyiapkan alamat URL yang akan di pasang bukan? berikut adalah bagaimana langkah-langkah untuk membuat link pada postingan :
  1. Dianggap anda sedang membuat sebuah artikel. Jika anda masih kurang faham tentang bagaimana cara membuat artikel di wordpress, silahkan untuk membaca tutorial mengenai Cara Posting Artikel di WordPress supaya SEO.
  2. Berilah tanda pada tulisan yang ingin di ubah menjadi link.
    highlight teks
  3. Klik tool untuk membuat link
    tool membuat link
  4. Akan muncul kotak opsi yang harus anda isi :
    1. Link URL : isi dengan alamat URL yang anda persiapkan tadi.
    2. Target : pilih target yang di inginkan.  Open link in same window, artinya link yang anda buat apabila di klik akan membuka halaman yang di tuju dan halaman yang artikel akan hilang. Open link in a new window, artinya link yang anda buat apabila di klik akan membuka halaman baru dan artikel anda tetap ada.
    3. Title : Tuliskan judul yang kira-kira sesuai dengan link yang di buat, usahakan semenarik dan seinformatif mungkin, karena ini berpengaruh juga terhadap SEO.
    4. Class : pilih sesuai dengan yang diinginkan, namun untuk tulisan dalam kalimat, biarkan terpilih Not Set.
      membuat link di wordpress
    5. Akhiri dengan klik tombol Insert.
  5. Kini tulisan yang anda inginkan telah menjadi link, ulangi langkah diatas untuk tulisan yang lain apabila di perlukan.
  6. Jika sudah yakin, tinggal di Publish saja artikel anda tersebut.
  7. Selesai.

Tambahan untuk tutorial membuat link

Membuat link dalam satu postingan jumlahnya boleh lebih dari satu link, namun janganlah terlalu banyak, idealnya cukup 3 buah link saja. Terlalu banyak membubuhkan link dikhawatirkan bisa dianggap melakukan spam (hal yang melanggar aturan) oleh mesin pencari, dan tentunya kita tidak menginginkan akan hal tersebut.
Membuat link yang baik adalah pada tulisan atau teks yang masih berhubungan dengan halaman link yang di tuju, contoh apabila halaman yang dituju adalah tentang membuat sticky post, maka sebaiknya tulisan yang dibuat link mengandung unsur kata membuat sticky post atau minimal ada kata sticky post.
Menurut ilmu SEO, membuat link dari satu artikel ke artikel yang lain dari blog anda adalah hal yang sangat baik, oleh karenanya lakukanlah hal tersebut, namun tetap dalam batas kewajaran

form : idtutorial

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...