Wednesday, October 05, 2011

Apa itu Page View di blogspot


Pengertian Page View
Dari wikipedia disimpulkan, page view adalah: "Permintaan untuk memuat satu halaman dari sebuah situs Internet"

Dengan kalimat saya,  angka pageview dihitung berdasarakan tampilan satu halaman web secara keseluruhan. Satu tampilan baru adalah satu angka tambahan untuk pageview. Pagevie berbeda dengan hit. Ketika pada suatu halaman postingan Anda terdapat  5 gambar, berarti akan tercatat 6 hit (5 hit untuk gambar dan satu untuk halaman html Anda itu sendiri), sedangkan pageview hanya mencatat secara keseluruhan.


Perbandingan Page View
Saya menemukan di beberapa artikel blog, bahwa Page View adalah:
"Nilai rata-rata jumlah halaman blog kita yang diakses oleh satu orang dalam satu kali kunjungan"


Sebaiknya kita bisa membedakan antara Nilai Page View dan Perbandingan Page View. Definisi di atas adalah lebih tepat ke perbandingan page view dan bukan page view. Misalkan ada perhitungan:
- 5 orang mengunjungi 1 halaman = 5 halaman
- 6 orang mengunjungi 2 halaman = 12 halaman
- 7 orang mengunjungi 3 halaman = 21 halaman

Yang datang ke blog kita ada 18 orang dan halaman yang terbuka adalah 38 halaman. Dari kondisi ini kita simpulkan nilai page view adalah 38 sementara nilai perbandingan page view adalah 38/18 atau 2,1.

Page View Issue
Beberapa saat lalu kita telah membahas mengenai perhitungan visitors dan ternyata ada celah kelemahan besar. Banyak perusahaan online besar yang akhirnya memilih menggunakan angka pageview ketimbang visitor. Misalnya saja perusahaan iklan akan membayar per page view yang artinya membayar untuk setiap iklan nya ditampilkan, bukan per visit yang artinya untuk setiap iklannya dilihat oleh satu orang berbeda. Komisi untuk satu pageview lebih murah ketimbang satu visit. Dengan sistem pageview dianggap kerjasama akan lebih adil. Namun pageview pun sama dengan berbagai sitilah analytic lain yang tidak bisa dikatakan 100 persen akurat. Dalam dunia analytic kita menggunakan metode pendekatan dan bukan angka pasti...

Menghitung Page View
Untuk menghitung page view blog Anda, Anda dapat menggunakan cara yang simple seperti dengan hit counter (baca: Memasang Hit Counts di Blog)kepunyaanya themasdoyok.com


sumber : http://www.themasdoyok.com/

1 comment:

  1. Postingannya bermanfaat sekali nih buat Saya yang sedang ingin melakukan optimasi pada blog yang Saya bangun, Thanks atas ilmunya.

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...