Wednesday, November 21, 2012

Cara Mendeteksi Penyakit Diabetes Sedini Mungkin

Diabetes, adalah sebuah penyakit yang seringkali banyak menyerang baik itu kaum muda ataupun orang-orang yang sudah tua. Memang diabetes adalah penyakit yang tidak memandang usia berapa ia akan menyerang. Penyebab penyakit diabetespun sebenarnya sangat simple sekali dan bisakita hindari sedini mungkin. Misalny saja, mengurangi asupan makanan yang mengandung bahan pemanis yang sungguh sangat banyak. Dan biasanyapenyakit diabetes bisa dideteksi sedini mungkin kok. 

Bagi anda yang mempunyai turunan ataupun silsilah diabetes, maka mulai dari sekarang, hendaknya anda sekalian berhato-hati. Mengapa? karena biasanya diabetes adalah penyakit turunan dan akan menurun pada generasi berikutnya pada keluarga tersebut. Entah pada anaknya ataupun pada cucu mereka kelak. Nah, sebaikny amenjaga pola hidup dan gaya bahan makanan anda sedini mungkin bisa cukup ampuh untuk bisa mengantisipasi akan datangnya penyakit dibetes.

Pemeriksaan laboratorium yang umum dilakukan adalah pengukuran konsentrasi glukosa (gula) darah. Diagnosis DM ditegakkan jika hasil pengukuran konsentrasi glukosa darah puasa ≥ 126 mg/dl atau glukosa darah sewaktu ≥ 200 mg/dl, disertai dengan adanya gejala klasik DM. Pemeriksaan laboratorium lainnya yang tidak kalah penting adalah HbA1c yang mampu mendeteksi keadaan glukosa darah rata-rata selama 3 bulan. Pemeriksaan HbA1c bermanfaat dalam menilai kualitas perawatan DM, memprediksi risiko komplikasi, dan memantau kontrol glikemik jangka panjang serta skrining maupun diagnosis DM serta menghitung estimated average glucose (eAG)

Jika hasil pemeriksaannya baik, maka gaya hidup sehat tetap harus dipertahankan. Namun, jika hasil pemeriksaan menunjukkan terdiagnosa DM, maka perlu dilakukan empat pilar pengelolaan DM yaitu edukasi dan pemahaman DM, mengatur pola makan, olah raga, dan pengobatan serta pemantauan hasil terapi melalui pemeriksaan laboratorium.

3 comments:

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...