Friday, July 09, 2010

google webmaster di wordpress dot com

Bagi rekan rekan  yang baru membuat blog dan bingung/pusing karena blognya belum terindeks google, saya punya sedikit pengalaman yang saya sharing di sini. Maklum, saya juga masih  belajar urusan ngeblog. Untuk membuat agar blog kita terindeks di google tepatnya wordpress.com, anda bisa memakai jasa google webmaster tools.
Bagi pemula, verifikasi blog wordpress di Google Webmaster Tools ini tidak semudah dibayangkan. Tapi jangan khawatir sobat, berikut ini saya berikan cara mudah verifikasi blog wordpress di salah satu tools google tersebut.
Dengan mengikuti cara mudah ini, dijamin status blog wordpress anda verified (terverifikasi). Dengan catatan, Anda harus memiliki Gmail terlebih dahulu. Bagi yang belum punya email Gmail, silakan bikin dulu. Gratis kok klik aja link nya.


Tahap-tahap verifikasi blog wordpress di Google Webmaster Tools adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi http://www.google.com/webmasters/tools. ngangan ampe salah (baca : Cara daftarkan blog di berbagai seach enggine)

2. Masukkan username dan password Gmail Anda.yang di buat tadi
3. Akan muncul tampilan Dashboard . Masukkan URL blog Wordpress Anda pada kolom yang dikotaki merah di bawah ini. Lalu klik Add Site.


4. Akan muncul tampilan  Overview. Tahap selanjutnya klik Verify your site

5. Muncul status blog wordpress anda yaitu Unverified. Untuk memverifikasinya, ada dua metode yaitu meta tag dan upload an HTML file. Pilih upload an HTML file, lalu copy kode HTML yang ada.

6. Pada browser lain, Login ke blog wordpress Anda. Klik PAGE , lalu klik Add New. Paste kode HTML tadi ke di kolom Title. Bagian content gak perlu diisi
7. Di bagian Attributes, pilih halaman blog Anda yang akan dijadikan Parent. Dalam contoh ini saya memilih halaman Parent “Contact Me”. Lalu klik Publish.  Halaman yang baru dipublish ini gak akan terlihat di tampilan blog kita, namun Google masih bisa mengidentifikasinya


8. Kembali ke browser Google Webmaster Tools, klik Verify.
9. Bila muncul You’ve successfully verified http://bangli.wordpress.com Anda telah VERIFIED. Selamat ya.


1 comment:

  1. Setelah itu justru perjuangan baru dimulai karena harus mempelajari SEO hehehe...

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...