Friday, January 21, 2011

Part II | Pengambilan keputusan, Sistem, Pemodalan dan Dukungan

Pengambilan keputusan, Sistem, Pemodalan dan Dukungan
  • Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan, diantara pelbagai alternatif aksi yang bertujuan untuk memenuhi satu atau beberapa sasaran.
  • Menurut Simon’s ada 4 fase dalam Decisions Making (Pengambilan Keputusan) yaitu (1) intelligence, (2) design, (3)choice dan (4) implementation.
  • Fase 1 sampai 3 merupakan dasar pengambilan keputusan, yang diakhiri dengan suatu rekomendasi.
  • Sedangkan pemecahan masalah adalah serupa dengan pengambilan keputusan (fase 1 sampai 3) ditambah dengan implementasi dari rekomendasi (fase 4).

2.1 SISTEM
  • Sistem adalah kumpulan dari obyek-obyek seperti orang, resources, konsep dan prosedur yang ditujukan untuk melakukan fungsi tertentu atau memenuhi suatu tujuan.
  • Koneksi antara dan interaksi diantara sub sistem disebut dengan antarmuka/interface.
  • Sistem terdiri dari input, proses dan output.
  • Input adalah semua elemen yang masuk ke sistem.
  • Proses adalah proses transformasi elemen-elemen dari input menjadi output.
  • Output adalah produk jadi atau hasil dari suatu proses di sistem.
  • Feedback adalah aliran informasi dari komponen output ke pengambil keputusan yang memperhitungkan output atau kinerja sistem.
  • Environment/lingkungan dari sistem terdiri dari pelbagai elemen yang terletak di luar input, output ataupun proses. Namun mereka dapat mempengaruhi kinerja dan tujuan sistem.
  • Boundary/batas adalah pemisah antara suatu sistem dengan environmentnya. Sistem ada di dalam boundary, dimana environmentnya ada diluarnya.
  • Sistem tertutup (Closed System) adalah sistem yang mempresentasikan derajat kemandirian dari sistem.
  • Sistem terbuka (Open System) sangat tergantung pada lingkungannya. Sistem ini menerima input (informasi, energi, material) dari lingkungannya dan juga bisa memberikan output ke lingkungan tersebut.
  • 2 ukuran utama dari sistem adalah efektivitas dan efisiensi.
  • Efektivitas adalah derajat seberapa banyak tujuan sistem tercapai. Ini mengacu pada hasil atau output dari suatu sistem. Doing the “right” thing.
  • Efisiensi adalah ukuran penggunaan input (resources) untuk mencapai tujuan. Doing the “thing” right.
2.2 MODEL
  • Karakteristik utama dari DSS adalah adanya kemampuan pemodelan.
  • Model adalah representasi sederhana atau penggambaran dari kenyataan.
  • Terdapat 3 jenis Model :
  1. Iconic (Scale) : replika fisik dari sistem, biasanya dalam skala tertentu dari bentuk aslinya. Contoh : peta, miniatur.
  2. Analog : tidak seperti sistem yang sesungguhnya tetapi berlaku seperti itu. Merupakan simbolis dari kenyataan. Contoh : bagan struktur organisasi.
  3. Matematis (Kuantitatif) : merupakan model yang kompleks direpresentasikan secara matematis, numerik. Contoh : menggunakan program linier.

KEUNTUNGAN MODEL :
  1. Biaya analisis model lebih murah daripada percobaan yang dilakukan pada sistem yang sesungguhnya.
  2. Model memungkinkan untuk menyingkat waktu.
  3. Manipulasi model (perubahan variabel) lebih mudah dilakukan daripada bila diterapkan pada sistem nyata.
  4. Akibat yang ditimbulkan dari adanya kesalahan-kesalahan sewaktu proses trial-and-error lebih kecil daripada menggunakan model langsung di sistem nyata.
  5. Lingkungan sekarang yang makin berada dalam ketidakpastian.
  6. Penggunaan model matematis bisa menjadikan analisis dilakukan pada kemungkinan-kemungkinan solusi yang banyak sekali.
  7. Model meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan pelatihan.

2.3 PROSES PERMODELAN
Berikut ini adalah proses yang terjadi pada pemodelan :
  • Trial and error dengan sistem nyata. Tapi ini tidak berjalan apabila :
  1. Terlalu banyak alternatif untuk dicoba
  2. Akibat samping dari error yang terjadi besar pengaruhnya
  3. Lingkungan itu sendiri selalu berubah
  • Simulasi
  • Optimisasi
  • Heuristic
  • Proses Pengambilan Keputusan


2.4 FASE INTELLIGENCE / INTELIGENSI
Proses yang terjadi pada fase ini :
  • Menemukan masalah
  • Klasifikasi masalah
  • Penguraian masalah
  • Kepemilikan masalah

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...