Monday, December 03, 2012

Porsi dan Kesiapan Tidur Yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Tidur . Adalah sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Mengapa tidak? Karena tidur adalah kegiatan yang paling banyak ditunggu oleh banyak kalangan untuk bisa menyegerakan dan melepaskan lelah dan jugapenat mereka setelah meeka seharian di kantor melakukan berbagai macam rutinitas dan juga aktivitas-aktivitas mereka di luar sana. Ketahuilah bahwa tidur juga ternyata bisa mengakibatkan bahaya lohh. Anda jangan sepelekan dan remehkan posisi tidur anda. karena salah-salah bisa membahayakan keselamatan jiwa dan jugakesehatan anda. Nah, dikesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips dan juga informasi kepada anda tentang berbagaimacam posisi tidur yang bisa membahayakan bagi anda.

 1. Meremehkan jam tidur
Setiap orang memiliki lama jam tidur yang berbeda. Walau demikian, beberapa ahli menyarankan untuk tidur sebanyak 9 jam per hari. 

2. Kekurangan atau kebanyakan tidur
National Health Interview Survey di AS menemukan bahwa orang dewasa yang terbiasa tidur kurang dari 6 jam lebih mungkin merokok, kecanduan alkohol, kurang olahraga, dan obesitas. Menariknya, orang dewasa yang tidur lebih dari 9 jam juga sama-sama melakukan perilaku tidak sehat.

3. Tidur tak sesuai dengan pergerakan matahari
Cryptochromes adalah protein yang ditemukan pada setiap makhluk hidup di bumi. Protein ini sensitif terhadap cahaya fajar dan senja serta mempengaruhi jam biologis dan banyak ditemukan di mata serta kulit. Dengan protein ini, tubuh manusia dapat mendeteksi sinar matahari bahkan dengan mata tertutup.

4. Tidur dengan lampu menyala
Hormon tidur atau melatonin dihambat oleh cahaya dan akan meningkat seiring dengan gelap. Semakin lama terjaga, produksi melatonin akan menurun dan berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Penelitian menunjukkan bahwa penuaan dini berkaitan dengan rendahnya kadar melatonin saat tidur

5. Tidur kurang nyenyak
Kekurangan tidur kronis dapat mengubah metabolisme glukosa. Kemampuan tubuh untuk menghasilkan dan merespon insulin akan menurun sekitar 30 persen, mirip dengan tanda awal diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa kesulitan tidur nyenyak juga berhubungan dengan gangguan hormonal.

1 comment:

  1. pertamaX gan. udah beberapa hari in tdur ngak nyenyak.. kebawa jadi insomnia

    ReplyDelete

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...