Friday, November 30, 2012

Awas Gadget Bisa Picu Depresi

Depresi. Siapa saja pastinya pernah depresi, entah karena permasalah pribadi sampai dengan permasalahan kantor yang mungkin sampai dibawa ke rumah sehingga menyebabkan banyak sekali pikiran dalam orang tersebut dan bisa-bisa berakibat depresi. Memang depresi sering kali sangat mengganggu kita, apalagi jika depresi datang bagai jalangkung yang pulang tak dijemput dan tidak pulang pulang.. hehehe.. begitulah sifa manusia yang masih sangat sulit untuk dikendalikan. 

Meski kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mengendalikan, namun biasanya pikiran kita terlalu pintar dan licin untuk bisa kita kendalikan. Nah, ternyata gadget yang sering kita pakai sehari-haripun juga lama -kelamaan menurut para peneliti juga bisa membuat kita depresi. Entah karena sinar radiasi yang dipancarkan oleh gadget kita ataupun tidak. 

Berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menyatakan bahwa akses informasi yang berlebihan melalui media elektronik seperti komputer, komputer tablet, dan smartphone terkait terhadap kecemasan sosial dan depresi. Sebuah studi baru yang dilakukan para ilmuwan di Michigan State University (MSU) mencoba untuk mengungkap apakah multitasking media juga terkait terhadap risiko tersebut.

Penelitian tersebut melibatkan 319 orang peserta yang masing-masing diminta mengisi profil psikologis dan kuesioner yang berkaitan dengan penggunaan media elektronik, seperti televisi, mp3 player, handphone, dan komputer untuk mengecek email atau browsing.

Di antara peserta penelitian, peneliti menemukan korelasi yang signifikan dan konsisten antara orang yang multitasking terhadap beberapa media elektronik juga lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan sosial.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda Telah berkunjung di di blog kami...